Tuesday, April 10, 2007

Sambal Bajak


Sambal Bajak

Minggu lalu coba-coba bikin sambal bajak fresh sendiri. Hasilnya saya mendapat 4 wadah plastik ukuran 5 cm x 10 cm. Enak dan lebih fresh... Cob deh, paling rumah bau sambal
hehehe....

Bahan Digoreng Matang :
  • 100 gr Cabe Merah,
  • 100 gr Cabe Rawit Merah,
  • 100 gr Bawang Merah,
  • 100 gr Bawang Putih

Bahan Pelengkap :
  • Terasi
  • Tomat, buang bijinya, dipotong-potong
  • Lengkuas, dua ruas digeprak
  • Daun Salam
  • Sereh, 3 batang digeprak
  • 1 gelas Air Asam Jawa
  • Garam
  • Gula Merah/Gula Putih
Cara :
  • Blender cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng, juga masukan tomat dan terasi.
  • Lalu tumis bumbu halus beserta sisa bahan pelengkap lainnya.
  • Masak sampai air kering, lalu tiriskan.

NB : Siapkan Wadah plastik/botol utk menyimpan sambal bajak ini menjadi beberapa bagian, tutup rapat, lalu simpan dalam kulkas. Sambal bajak ini bisa awet lebih lama, dan lebih enak dibandingkan sambal bajak botolan karena dibuat sendiri tanpa bahan pengawet dan bahan kimia lainnya seperti sambal bajak yang dijual di supermarket ;)

4 comments:

Betty said...

Dear Young Mom,

I am Betty and next month I will live in Antwerp, Belgium permanently, so I would like to ask you some info about where I can get Indonesian ingredients (bumbu dapur Indonesia) in order to cook Indonesian food.

Many thank you in advance for your coming info.

Regards,
Betty

3fince said...

Hallo Betty, thank you for visit my website. In antwerpen near central station around that you will find shopping streat all chinese and Thai shop. You will find all waht you need. Thank you...

Reza Molonhuis said...

Hi young mom...krn sama2 org indonesia,aku panggil teteh aja y....resep nya oke banget deh...jd pengen nyoba sambal tempe ala bandung....

3fince said...

Hi Reza, makasih ya udah mampir... cobainnya sambel oncomnya dong hihihi itu pake tepe krn gak ada oncom.. tapi enak lho pake tempe juga ;)