Sunday, March 16, 2008

Membuat Tempe Sendiri

Senangnya bisa bikin tempe sendiri. Pengalaman dan memuaskan.. Inilah proses pembuatannya yang ternyata simpel dan mudah. Pokoknya jauh dari bayangan saya sebelomnya.


Rendam 1 kg kacang kedelai semalaman


Setelah direndam, buang kulitnya, lalu masak hingga empuk


Setelah matang, buang air rebusannya


Masih di panci yang sama, sangrai kedelai supaya sisa air yang ada di kedelai menguap dan kedelai menjadi kering, lalu dinginkan.


Setelah kedelai dingin, siapkan 2 gr ragi tempe. Taburan 1 gr pertama ragi tempe, aduk-aduk sampai rata, lalu masukan 1 gr berikutnya aduk-aduk beberapa lama sampai bener-benar tercampur rata


Siapkan plastik (kalo ada plastik lontong) masukan kedelai ke dalam pelastik sampai penuh, lalu tutup ujungnya dengan api (kalo ada pake mesin seal)


1 kg kedelai dapat 3 pak calon tempe ukuran besar (1 pak dua kali tempe yg ada di supermarket). Saya pake plastik untuk sayuran ke freezer karena gak ada plastik untuk lontong.


Tusuk-tusuk tempe bagian atas dan bawah dengan tusuk gigi atau tusuk sate, untuk sirkulasi udaranya.


Susun tempe di rak plastik biarkan selama 3 hari 2 malam. Foto di atas adalah tempe menjelang malam ke dua, udah mulai berjamur dan padat.


Hari ketiga besok paginya, tempe sudah jadi, hasilnya bagus dan padat. Bisa langsung dimasak dan sisanya segera masukan ke Freezer. Tempe awet 1 tahun selama di dalam freezer. Kalo di pendingin, tempe hanya awet 1 minggu saja.

Tempe setengah blok langsung saya masak. Sisanya saya bagi beberapa blok tempe sesuai porsi sekali masak, lalu saya masukin ke freezer.


Di goreng lalu dicampur sambal... enakkk...