Saturday, December 28, 2013

Manicotti Menu Simpel Dan Mewah

Inilah menu paling simpel yang saya buat untuk menu natal, karena anak saya yang kedua sukanya makanan italia. Inilah manicotti pasta pipa yang besar.

Rebus pasta hingga matang tapi masih agak keras dikit, lalu sisihkan.
Isi adonan yang sudah masak, yaitu daging giling, peas, dan keju parut.
Masukan isinya ke dalam plastik khusus untuk lebih mudah diisi ke dalam manicotti pastanya
Manocotti yang sudah diisi 
Susun manicotti yang sudah diisi di pyrex yang bisa untuk di panggang dalam oven
Untuk saosnya, siapkan 200 gr cream putih masak dengan segelas susu masak bersama keju parut hingga keju mencair lalu angkat
Siramkan saos tadi ke pyrex yang sudah disusun dengan manocotti sampai semua paling atas manicotti tertutup cream, lalu taburkan keju parut lagi di atasnya, lalu dipanggang dalam oven 200°C selama 30 menit.
Manicotti hot from oven siap disantap 

Friday, November 01, 2013

Simpel Nasi Bakar





Nasi Bakar resep dari Kak Tati simpel, isinya tumis hati ayam dan tempe. Sebenernya isinya ikan asin atau ikan teri seperti di Bandung. Tapi kita bisa modifikasi isinya sesuai selera : 

Bahan :
  • Nasi Putih 

Isi Tumisan :
  • Irisan Daun Bawang 
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt Merica
  • 1 blok Tempe potong dadu
  • 100 gr hati ayam iris-iris
  • 1 blok boullion
  • Kecap manis secukupnya
  • minyak untuk menumis

Pelengkap :
  • Daun Pisang
  • Tusuk Gigi

Cara Membuatnya :
  • Nasi yang matang dikepal-kepal, bentuk panjang seperti lontong supaya saat digulung menjadi padat lalu sisihkan. 
  • Panaskan minyak, lalu masukan bawang putih dan daun bawang sampai wangi, lalu masukan tempe yang sudah dipotong-potong dan hati ayamnya, tambahkan boullion, merica dan kecap manis. masak hingga matang, lalu tiriskan.
  • Seperti membuat Sushi, siapkan daun pisang lalu taruh nasi yang sudah dikepalkan tadi  di atas daun, lalu ratakan nasi, taruh tumisannya di atas secukupnya (seperti membuat arem-arem), lalu rapatkan dengan nasi dan gulung dengan daun pisang dan ujung kiri kanannya tutup dengan tusuk gigi.
  • Siapkan wajan untuk memanggang lalu panggang nasi bakar itu hingga wangi daun pisangnya dan daunnya coklat (lihat foto) angkat dan siap sajikan.

Friday, July 12, 2013

Lupis Jajanan Yang Tetap Disukai



Bahannya : 
  • 1 kg beras ketan putih atau beras ketan item
  • Daun pisang 
  • Daun pandan
  • Gula Merah
  • Kelapa parut
Caranya :
  • Rendam beras ketan semalaman
  • Siapkan daun pisang untuk membungkusnya sudah dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
  • Bentuk daun pisang seperti segitiga, lalu tuangkan dengan sendok beras ketan yang sudah direndam dan padatkan lalu silangkan daun pisangnya kunci memakai tusuk gigi, begitu seterusnya sampai beras ketannya habis. 
  • Siapkan air di panci kukusan masak hingga mendidih, lalu masukan lupis untuk dikukus sampai matang. 
  • Rebus dua gelas air bersama daun pandan, masukan gula jawanya, masak hingga gula larut dan mengental.
  • Sajikan di atas piring, taburi larutan gula jawa dan kelapa parut.
Lihat video berikut ini untuk mengetahui cara simpel membuat lupis :



Sunday, August 19, 2012

Laksa Udang



Bahan :
  • 250 gram udang, kupas
  • 200 gr buncis (bisa lebih) iris tipis
  • 500 ml sisa kaldu perebus ayam (atau air 500 ml tambah penyedap kaldu ayam royco atau merk apa aja) 
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 batang serai, memarkan

Bumbu Blender :
  • 3 siung bawang putih
  • 7 buah bawang merah
  • 2 sendok teh lengkuas, cincang
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai
  • 1 sendok teh kunyit segar (atau bubuk kalo gak ada)
  • 3 buah kemiri, sangrai dulu lalu tumbuk kasar
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Pelengkap Laksa :
  • 4 butir telur rebus, belah 8
  • tauge
  • bawang goreng
  • daun kemangi
  • sambal

Caranya :
  • Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum, masukkan ke kaldu bersama santan dan buncisnya. 
  • Dengan api sedang dididihkan sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah dan masukan udangnya kira-kira 10 menit sebelom diangkat supaya udang krispi tidak keras seperti karet.. 
  • Lalu angkat dan sajikan bersama pelengkap laksa.

Friday, June 01, 2012

Pempek Palembang Pakai Ikan Salmon

Kemaren saya pengen banget bikin pempek, tapi karena stok ikan putih habis, jadi saya terpaksa pake bahan ikannya ikan salmon, karena cuman itu yang ada di kulkas. resep dan cara buatnya bisa lihat di sini : Pempek Palembang. Bahan ikannya diganti pakai ikan salmon. 

Agak aneh memang, tapi ini lebih sehat. kadar omegatiga tinggi dan alami. Sehat buat anak-anak juga, asupan gizinya tinggi. tapi ya itu jangan sering-sering karena mahal ikan salmonnya... Untuk rasa dan wanginya hhhmmm.. seperti aslinya, enakkk ;)

Sunday, April 01, 2012

Balado Ikan Mackerel

Bahannya :
  • 3 ekor Ikan Mackerel Segar
  • 10 buah cabe keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat segar
  • 2 lbr daun jeruk
  • Garam dan penyedap secukupnya
Cara mengolahnya :
  • Bersihkan ikan mackerel lalu potong bagi tiga setiap ikannya. 
  • Goreng Ikan mackerel sampai garing, lalu tiriskan
  • Haluskan bahan sambalnya, yaitu cabe, tomat dan bawang, lalu tumis bersama daun jeruk sampai harum dan matang
  • Setelah sambal matang, masukan gorengan ikan mackerel aduk sampai merata dengan sambalnya, lalu angkagt dan siap untuk disajikan bersama nasi panas...

Sunday, March 11, 2012

Empek-empek dan Baso Tahu Siomay

Menu selama seminggu kemaren, benar-benar menu jajanan pasar, yaitu empek-empek kapal selam dan baso tahu siomay ala Bandung. Untuk resep maupun cara pembuatan siomay dan empek-empeknya bisa lihat di link ini : Resep Pempek Palembang dan Resep Siomay Bandung

Jika blender yang kita punya kecepatannya tidak sangat cepat sebaiknya ikannya ditumbuk sampai halus, lalu saring (utk memisahkan tulangnya jika tidak filet ikan), soalnya blender saya rusak berasap, karena kecepatan rendah. Maklum bukan blender khusus ikan/daging :D

Sunday, September 11, 2011

Ayam Gota

Minggu ini saya masak ayam gota, yang resepnya bisa dilihat di  Resep Ayam Gota. Kebetulan saya punya kepala parut jadi tinggal saya sangrai bersama ketumbar untuk pengganti gotanya. Sedap sekali rasanya, apalagi sensasi wangi kelapa ketumbarnya bercampur dengan wangi sereh saat menyantapnya dengan tumis sayur kol (kebetulan cuman ada sayur kol). Jika teman-teman ada daun singkong, pasti lebih enak deh jika ayam bumbu gota ini disantap dengan sayur daun singkong tumbuk. Sesuatu kenikmatan yang tiada taranya.. :)


Get the Slim Habit

Monday, September 05, 2011

Tempe Bakar Pedas

Lagi banyak tempe, sambel goreng tempe kering udah, sambel tempe teri udah, dibacem udah, digoreng udah, diopor udah, direndang udah, sampe bingung mo diapain, akhirnya dibakar aja deh barengan dengan barbeque lainnya. Enak deh makannya serasa di lembur kuring... 

Bumbu Marinade (diblender) :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 4 cabe merah
  • 1 batang serah

Pelengkap :
  • 800 gr tempe
  • 3-4 batang daun bawang
  • 1 bks royco kecil (1/2 blok maggi)
  • 3 sdm minyak sayur
  • 2 sdm kecap manis (secukupnya sesuai selera)
  • 1 sdt mentega
Cara Mengolahnya :
  • Iris tempe tipis sebesar dadu (sesuai selera), lalu masukan ke dalam bumbu halus dan daun bawang, tambahkan minyak sayur dan kecap, aduk rata, lalu diamkan setengah jam agar bumbu meresap ke dalam tempe.
  • Panaskan grill, alaskan alumunium foil di atas grilnya, oleskan mentega di atas lembaran alumunium itu, letakan tempe yang sudah tercampur bumbu itu, grill hingga matang dan wangi.. Jika memiliki panggangan sate, tempenya dibungkus daun pisang seperti membakar otak-otak. 
  • Sajikan selagi hangat.

Saturday, September 03, 2011

Nasi Cik Mek Molek

Saya dapat resep ini karena Bang Hj. Maamon menandai saya di foto masakan yang dia posting di FB beliau. Pada resep ini aslinya adalah bubur, tapi saya buatnya nasi. Dan saya mengganti ikannya dengan Ikan Salmon, dan brocolinya dengan kol. Kalau banyak waktu mungkin bubur lebih enakk.

Bahan-bahan:
  • 150 gm isi ikan merah
  • 120 gm beras
  • 80 gm brokoli (di potong)
  • 2 sudu makan cili kering kisar
  • 1 sudu makan rempah kari ikan
  • 1 sudu makan air asam jawa
  • Minyak masak secukupnya
  • Bahan-bahan untuk di kisar
  • 4 ulas bawang merah
  • 1 inci belacan
  • ½ inci halia
  • ½ inci kunyit hidup
  • 1 hiris lengkuas
Cara memasaknya:
  • Beras di rebus sehingga masak.
  • Panaskan minyak dan tumis bahan-bahan yang telah di kisar sehingga naik baunya, kemudian masukkan rempah kari ikan, isi ikan merah, air asam jawa, cili kisar dan brokoli.
  • Setelah sudah tuangkan kedalam rebusan beras dan kacau sehingga rata, masukkan garam dan biarkan mendidih.
Sumber resep : Resep Bang Maamon