Tuesday, September 01, 2009

Buntil Isi Mackerel


Nggak pernah kepikir untuk mencoba bikin sayur ini. Karena terbayang sulit dan susah untuk mendapatkan bahan-bahannya. Jadi keinginan untuk masak sayur yang ada hubungannya dengan daun singkong selalu dipendam. Suatu hari teman saya menelepon saya supaya datang ke kebun dia, katanya ada sayur chard (vlaams : snijbiet) yang udah bisa dipanen. Sebelumnya saya pernah dikasih, dan saya masak gulai, surprise rasanya benar-benar seperti daun singkong, pait-paitnya juga. Mendadak ingat kakak saya yang pernah buat buntil memakai daun sejenis kol (saya lupa nama daunnya) lalu saya telepon dia dan menanyakan resepnya. Seneng dong bisa bikin buntil dan succes, rasanya juga pas banget seperti yang saya suka beli di warung makan di Bandung dulu. Buat yang kangen sayur ini, bisa dicoba resep ala saya ini.



Bahan :
  • 1 kaleng besar mackerel (baiknya ikan teri sesuai resep aslinya)
  • 5 lembar Daun Chard/Snijbiet buang batang tengahnya
  • 150 gr kelapa parut
  • 1 blok knorr (1 bks masako)
  • Minyak untuk menumis
Bumbu Blender :
  • 1 cm kencur
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt jinten
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 ruas lengkuas
  • 1 siung bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar/keriting

Bumbu Gulai (kuahnya) :
  • 400 ml santan
  • 1 gelas air
  • 1 cm kencur
  • 5 cabe merah (sesuai selera pedasnya)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung sjalot besar
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe

Cara mengolahnya :
  • Siapkan dalam wadah ikan mackerel dan kelapa parutnya, lalu masukan bumbu halusnya aduk sambil hancurkan si ikannya supaya bercampur rata antara bumbu, kelapa dan ikannya.
  • Siapkan daun chard/snijbiet lalu tuangkan satu sendok adonan kelapa, ikan mackerel dan bumbu halus, gulung yang rapi lalu ikat dengan benang, sisihkan di dalam panci kukus.
  • Setelah itu, kukus buntil tadi selama 20 menit (kalo isinya ikan teri, kukus selama 30 menit), lalu sisihkan.
Untuk Gulainya (kuahnya) :
  • Tumis bumbu halus hingga masak dan harum, lalu masukan santan dan air, aduk merata, lalu masukan kukusan buntil itu ke dalam gulai itu
  • Tambahkan knorr/masako masak hingga santan mendidik lalu tiriskan.
  • Sajikan bersama taburan bawang goreng, buntil isi mackerel siap disantap...