Tuesday, April 10, 2007

Saus Asam Manis

Yang doyan ikan kakap, udang goreng tepung, ayam goreng tepung, nugget, tempe-tahu goreng, tapi bosan pake kecap atau sambal botolan atau sambal ulek lainnya, bisa dicoba dengan rasa saus yang lain. Lebih nikmat lagi jika kita siapkan saus asam manis. Serasa makan di acara penikahan atau pesta laennya hehehe...

Bahan dan Cara membuatnya :
  • Tumis bawang bombay dan bawang merah
  • Tambahkan saus tomat atau tomat + air + cabai kalau suka
  • Tambahkan gula, garam, merica dan kecap
  • Tambahkan irisan nanas, irisan paprika kalau suka
  • Ada yang nambahin chinese wine vinegar (bisa dilewat)
  • Tambahkan tepung maizena yang udah dilarutin ke air, supaya kental.
NB : Saya membuat tidak memakai takaran, saya buat sesuai kebutuhan saja. Oh iya, karena saya gak bisa makan bawang yang diiris kasar, bawang bombay dan bawang merah saya haluskan :D

11 comments:

Anonymous said...

makasiiihh ... saiia mau cobaa,..

3fince said...

Selamat mencoba ya mas/mbak... salam

Sanozaki said...

Saya mau nanya Itu tomat sebagai pemberi rasa asam atau manis?
kalau saya mau mengganti tomat itu bisa tidak ?
misalnya dengan bahan yang lain ?
Terima Kasih

3fince said...

Sanozaki, maaf banget baru bales.. tomat itu kayaknya utk rasa asam khas saos deh... Kalo mo diganti bisa, sesuai selera, saya kadang tomat saya lewat, saya ganti pakai apel :)

Anonymous said...

trimakasih resepnya... sngt membantu.. i'll try it tomorrow.. :)
bpk n ibu pgn cara masak ikan yg lain..biasanya cm d goreng aja..ato kadang d mangut..

3fince said...

Hallo mbak/mas trims dah mampir yah.. semoga bapak/ibunya suka yahhh, salam

varput said...

makasih infonya...
^.^

company profile said...

niceeee :P

carpet said...

enak yah:D

Herbal Teas said...

boleh jg nie kapan2 dicoba.. biar ga bosen

Pinasti Pasti said...

Wah...info yg menarik ini. jd merasa punya resto mini di rumah.
terima kkasih ya...
salam........