Sunday, December 16, 2007

Ayam Gota

Masakan batak ini adalah resep favorite warisan bapak saya, yaitu ayam dimasak gota. Sama masakan batak lainnya, masak ayam ini juga biasanya kalo ada acara-acara adat. Bumbunya juga sederhana, mudah didapat. Saya juga bisa mencari bumbunya disini. Saya gak pake kelapa gonseng, karena Toko Asia hari minggu disini pada tutup. Akhirnya supaya warna ayamnya tetap gelap saya ganti pakai hati ayam. Coba deh enak banget. Jadi kangen masakan papa...
Bahan :
  • 10 buah sayap ayam
  • 2 pasang hati ayam (pengganti darah ayam)*
  • 2 lbr daun jeruk
  • 2 gelas air
  • 1 sdt garam
  • Penyedap secukupnya
*Jika tidak suka pakai darah/hati ayam yg diblender, biasanya saya ganti dengan kelapa yang disangrai bersama ketumbar, lalu ditumbuk sampai menjadi pasta dan berminyak.

Bumbu Halus :
  • 10 buah cabe merah
  • 3 siung sjalot (bawang merah besar)
  • 2 siung bawang putih
  • 2 ruang Lengkuas, iris-iris
  • 2 batang serai, iris-iris
  • 1 ruas Jahe, iris-iris
  • 1 sdt ketumbar bubuk
Cara Mengolahnya :
  • Blender hati ayam dengan segelas air, lalu sisihkan
  • Tumis bumbu halus, daun jeruk sampai harum, setelah itu masukan sayap ayamnya, blender hati ayamnya dan segelas air sisanya, aduk merata.
  • Tambahkan garam dan penyedap, biarkan sampai kuah menyusut dan siap untuk disantap.
  • Paling cocok disantap bersama rebusan mini labu siam, rebusan kacang panjang dan rebusan daun singkong...

4 comments:

k1w1 said...

ini kayaknya enak yol.. tapi ribet ya bikinnya.. haha..

3fince said...

iya wir, tapi bisa simpel, gak usah blender hati ayam, lewat aja... jadi kayak ayam bumbu gitu aja... enak dehhh banyak serehnya...

utik triningsih said...

Halo, Mbak. Tks a lot buat resepnya ya! Walau ga ada beberapa bumbu, kucoba dan enak! He he. Mantap deh...habisin nasi! Xixixi.

3fince said...

Mbak Utik, makasi udah mampir yah... hhhmm pasti enak banget dehh... saya juga wiken ini mau bikin juga ;) tapi saya rencananya mau pake kalapa-ketumbar yang disangrai terus ditumbuk halus, jadi gak pake hati ayam/darah ;)