Tuesday, June 13, 2006

Siomay Bandung

Ini adalah makanan favorite yang gak pernah bosen sepanjang waktu... Semua suka, sampe resepnya juga dibuat ama banyak negara dengan variasi yang beranekaragam, dari siomay aci, siomay daging, sampei siomay ikan. Saya dapat resepnya dari resepdekap.com mirip kayak siomay Bandung rasanya. Bisa disantap dengan soas kacang atau saos sambal.
Bahan :
  • 1 bungkus kulit wonton
  • 250 gram udang kupas, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 1 sdm tepung kanji, 1 sdt minyak wijen
  • 2 cm jahe, parut, ambil airnya
  • 1 buah wortel potong kecil-kecil
  • 10 buah cetakan kue mangkok

Pelengkap :
  • Bumbu kacang
  • Sambal ABC
Cara Mengolahnya :
  • Aduk semua bahan dalam satu wadah sampai merata lalu tiriskan
  • Siapan cetakan kue mangkok, lalu masukan kulit wonton ke masing-masing cetakan
  • Tuangkan adonan siomay ke cetakan itu, lalu kukus dan tiriskan.
  • Siomay siap disantap, jika suka digoreng setelah ditiriskan siomay dapat digoreng.
  • Sajikan bersama bumbu kacang atau saos sambal dan ditaburin air jeruk purut/lime
NB : Pake cetakan supaya bentuknya dan isinya sama. Bisa juga nggak karena kulit wonton bisa dibentuk sesuai keinginan kita.

1 comment:

fanny said...

Fin, thansk banget yaaa. loe mau bagi2 resep...nti kalo ngacaynya ilang gw mau bikin...