Sunday, February 25, 2007

Pempek Palembang

ADONAN DASAR PEMPEK
Bahan:
  • 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar)
  • 10 sendok makan air es
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 150 gram tepung kanji
  • 1 butir telur putihnya saja.
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vetsin(bisa dilewat yang anti MSG)

Cara membuat:
  • Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut.

  • Masukkan air es, putih telur, vetsin, dan garam. Tambahkan tepung terigu dan kanji aduk hingga tercampur rata.

  • Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek


TIPS :
  • Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer
  • Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin keras.
  • Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan minyak, jangan dengan tepung kanji, karena makin lama makin banyak tepungnya membuat adonan menjadi keras.
  • Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.

CUKO PEMPEK
Bahan:

  • 250 gram gula merah, disisir
  • 50 gram asam jawa
  • 2 sendok teh cuka
  • 750 ml air
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan ebi dihaluskan
  • 20 buah cabai rawit, dihaluskan
  • 1 sendok makan tongcai, cincang halus
  • 1 sendok teh garam
Cara membuat:

  • Didihkan gula merah, asam jawa, air, dan cuka lalu saring.
  • Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan tongcai.
  • Didihkan kembali lalu angkat.
  •  
NB: Kalau teman-teman punya food prosesor dengan speed yg cukup kencang bisa pakai itu, jika tidak, lebih baik jangan, karena saat blender ikan, kadang blender macet dan malah suka rusak, krn serat ikan yg menempel pada alat penggilingnya. Soalnya kalo dipaksa, kita akan menambah banyak air, dan ini membuat adonan berubah karena akan menambah banyak tepung supaya tidak encer.. 
    sumber: resep dari dim-c.net


    53 comments:

    glasfaden said...

    Thanks buat resep2nya!! Bikin lapar semuanya :)

    serdadoedapoer said...

    Mba kalo yang kapal selam, cara masukin telur ke dalam adonannya bagaimana? dulu pernah coba tapi ancur-ancuran...

    3fince said...

    glasfade : wah makasih ya dah mampir... seneng rasanya....

    mbak Reta : dibentuk ke tangan gitu siadonannya, terus yg dimasukin cuman kuning telornya aja, terus pas nutupnya si ujung-ujungnya dicubit-cubit aja utk nyatuin satu dengan yg laennya... nti kapan-kapan saya foto ya pas nututpnya telurnya... salam

    Anonymous said...

    tongcai apa si mba???kok sering ngikutin resep apapun katanya ini itu tapi hasilnya suka keras.sebenarnya yg bikin keras pempek itu apa si mba?dan kalau kita pakai ebi.itu sama gak si ama udang rebon dihalusin???

    Anonymous said...

    tongcai apa si mba???kok sering ngikutin resep apapun katanya ini itu tapi hasilnya suka keras.sebenarnya yg bikin keras pempek itu apa si mba?dan kalau kita pakai ebi.itu sama gak si ama udang rebon dihalusin???

    3fince said...
    This comment has been removed by the author.
    3fince said...

    hallo, tongcai tuh kalo gak salah fermentasi sawi putih, makanya rasanya rada asem gitu.
    btw empek-empek sih yg penting adonan dasarnya, seharusnya si ikan, tapi kadang suka divariasikan memakai udang atau daging. Saya belom pernah pakai ebi (mahal ebi disini)
    Supaya adonan empek nggak keras, pas ngebentuknya, jangan terlalu banyak diaduk-aduk ama jgn sering digulung-gulung, ini yang bikin empek-empek keras, biarlah bentuknya jelek yg penting rasanya enakkk... (ini info dari tukang jualan empek2 di palembang lho :D)

    resep pempek palembang said...

    wah, pempek palembang ternyata memang terkenal. resep2 di blog ini berguna sekali. Salam kenal dari palembang, dari tukang pempek.

    Anonymous said...

    mba kalo isinya slain telor gapapa??
    apa hasilnya akan beda?

    3fince said...

    hallo pas tukang pempek, makasih udah mampir yah....semoga resep yg ada disini pernah bapak coba :)

    3fince said...

    hallo mbak/mas
    isinya bisa diganti sesuai selera, hanya krn kapal selam itu udah dari sononya telor jadi belom tau kalo diganti pake yg lain, maksudnya daging ya?? kalo daging takut rasanya tabrakan dengan si bahan pempeknya (ikan)

    bee2 said...

    mba.. sy tinggal di holland, mau bikin pempek bingung bahan ikannya krn disini tdk ada ikan tenggiri. untuk pengganti ikan tenggiri, kira2 yg enak ikan apa ya?? thanks..

    3fince said...

    hallo mbak bee2 Ikannya pake kabeljouw, pangasius atau coolvis aja pokoknya yg putih... met mencoba yahh

    teew said...

    tongca ntu apaan sui?bisa diganti nggak?kalo bisa diganti, pake apa?
    truz kalo ebi, wajib nggak?
    makasieeeee!!!!!

    Julian said...

    mba', mau resep pempek adaan/bulet donk! saya orang palembang asli, mama saya lagi di palembang susah kalo nanyain mama jadi nanyain mba aja eheheh

    3fince said...

    Hallo teew,
    tongcai tuh biasanya suka ditaburin diatas bubur ayam atau mie baso deh... yg warnanya agak orange.. itu kan hanya utk cuko empak aja, bisa dilewat.. kalo gak ada ebi juga bisa dilewat.. simpel and fleksibel. jgn krn gak ada ebi jadi gak bikin pempek.. :) Nti update ya kalo buat
    salam..

    3fince said...

    Mas julian,
    saya pernah bikin pempek adaan, nti ya saya posting.. pake ikan dan pake daging juga bahannya.. enak dua-duanyaaa :)

    Pempek DEWI said...

    hai mbak, aku bangga lho ada perempuan Indonesia yg pinter & mau belajar spt mbak. Aku cuma mau kasi sedikit masukan, karena aku org Palembang & juga jualan Pempek.
    Kalo bikin kapal selem pilih telur ayamnya yg kecil2 jadi bisa masuk sama putihnya. Jadi pas dipotong kelihatannya bagus. Sebenernya kalo org Palembang bikin pempek pakai ikan gabus / belida / kutak. Selain rasanya lebih ga amis (karena ikan sungai) tekstur dagingnya juga sedikit agak lebih keras dibanding tenggiri, jadi lebih mudah dibentuk. Tapi ikan2 tsb di Jakarta tdk ada yg jual. Jadi spt aku yg jualan di Jakarta hrs minta kirim ikannya dari Palembang. Makanya org Jkt pada bikin pakai ikan tenggiri.
    Ok deh maju terus perempuan Indonesia.

    rasha_annisa said...

    mbaa pempeknya enak,,
    cukonya jga pass,,
    jd ga malu mo ngasih ke calon mertua yg orang palembang,,, :D

    3fince said...

    Mbak Dewi makasi tipsnya ya... saya inget di supermarket dekat rumah telurnya ada jenis ukurannya, nanti coba saya cari yg paling kecilnya. Terus ini soal ikan gabus duh susah di belgia dapetnya, saya ganti pake coolvis atau ikan kabeljouw (ikan putih) kata saya rasanya enak. wah nanti kalo saya ke jkt bisa dong nge-empek di resto mbak yahh

    3fince said...

    mbak rasha, makasi banget dah mo cobain...wahh mertua org palembang ya wekeke, succes dong ya :)

    eka said...

    Terima kasih resepnya. Pas lagi cari ^^

    Anonymous said...

    ditambah air es biar apa?

    3fince said...

    Mbak eka, sama-sama.. terima kasih ya udah mampir

    3fince said...

    Mbak/mas, ditambah air es supaya adonannya fresh soalnya bahan ikan kan, makin dingin makin bagus, bisa aja pake air biasa juga, cuman saya udah coba kalo pake air biasa, nanti sebelom dibentuk adonannya masukan ke kulkas sejam karena kalo dingin mudah ngebentuknya..

    kyana said...

    Mbak, mau ty dong.. klo pake tepung terigu aja jadinya enak ga ya? soalny di tempat sy ga ada tepung kanji.. tks

    Anonymous said...

    DI jAKARTA BANYAK YANG JUAL PEMPEK TAPI KALO MAU YANG ENAK SAUSNYA DAN HALUS TEKSTURNYA AQ UDAH COBA, NIH TELPONYA 56964302 DI DAERAH JELAMBAR.

    3fince said...

    mbak kyana, saya pernah pake terigu, hasilnya malah ancur saking lembeknya.. kalo tepung tapioka ada gak, kalo misalnya gak nemu tepung kanji ganti pake tapioka spt saya.. makasih udah mampir yah mbak, salam

    3fince said...

    Mas/Mbak, makasi buat infonya, semoga bermanfaat buat yang lagi ke jakarta dapet pempek enakkk

    PT said...

    Mba.. saringan ikan nya khusus ya? ga sama dg saringan santan? Kalau diblender bgmn? Tks before

    3fince said...

    Mas/Mbak PT, kayak saringan untuk bikin cendol gitu... Sebenernya pake blender lebih praktis, tapi awas jgn kebanyakan air lho nanti komposisi si tepungnya berubah. Terus mungkin ada dari teman-teman yang gak punya blender khusus ikan/daging, jadi bisa pake saringan untuk misahin tulang ikannya itu...saya skrg punya blender khusus ikan/daging, kalo pake blender biasa bisa macet dan rusak... terima kasih ya mas/mbak.. salam

    Rifka said...

    Mba aku pernah nyobain mpek2 asli dbwa dr palembang, ko pas di goreng merekah kaya pake telor adonannya. Gmana ya caranya biar merekah dan gak terlalu alot gtu?

    OC said...

    Kalo tepung kanji or tepung tapiokanya diganti tepung sagu bisa ga ya mba?
    Saya salut ma mba, mau menjawab pertanyaan orang2 dengAn ramah. Semoga mba sukses selalu. Amin.
    Salam, Osie.

    3fince said...

    Rifka, maaf baru balas yah... spy gak alot, adonannya jgn terlalu lama diaduk, terus jgn terlalu lama digulung-gulung utk ngebentuknya, saya diadonannya ditambah sediit baking powder spy empuk dan ngembak (1 sdt aja)

    3fince said...

    Osie, wah malah bagusnya emang tepung sagu. Saya pakai tapioka, krn disini gak ada tepung sagu... Adik saya tukang bikin empek-empek, dia bilang memang harus pakai tepung, sesuai aslinya dari palembang. Kalo pake tapioka, ya lebih kayak makan aci campur ikan jadinya wekekeke... makasi udah mampir ya si... maaf lama jawabnya, noticenya gak muncul ke imel ternyata... kamu juga succes yaa

    Anonymous said...

    klo dah pake tepung sagu msh harus pake tepung terigu jg ga?

    3fince said...

    Mbak, pake terigu dikit aja kalo mau, fungsinya pas kalo udah dingin si empek-empeknya tetap empuk, gak keras. Kalo mo tepung sagunya aja juga gpp..

    Makasi sudah mampir yahh, salam

    Anonymous said...

    kalo gilingnya pake food processor gimana? semua bhn dimasukkan jd satu atau gimana? pgn bgt bisa bikin pempek :)

    company profile said...

    hhmmmm...
    bisa dicoba nih,.....

    company profile said...

    sedaaapp....

    rozaq said...

    enak kayaknya tu

    Anonymous said...

    Mb,aku sudah coba bikin...
    But hasilnya memuaskan skali,,,wlwpun itu pengalaman pertama saya...
    Membuat empek2...trimakasih atas resepnya Ɣªª mb...

    3fince said...

    Mbak Rifka,
    Biasanya kalo alot terlalu banyak tepung terus terlalu lama digulung-gulung. Kalo nanti buat lagi ya Mbak Rifka, coba tepung tapiokanya 100 gr aja, terus terigunya tambah jadi 5 sdm, terus tambah baking powder.. krn pake baking powder si empeknya jadi mekar... terus lebih empek, enak dehh ;)

    Makasi udah mampir yahhh

    3fince said...

    Mbak,
    Kalo pakefood processor abis nge-blender si ikannya, si tepungnya bisa langsung dimasukin, tapi speednya jgn terlalu kenceng ya pas masukin tepungnya, spy merata, nanti udah tinggal bentuk aja... kadang ada yg pake blender eh blendernya macet makanya pake saringan gitu spy gak dobel kerjaan dan mesin blender gak macet :D

    makasi dah mampir yahh

    3fince said...

    Company Profile, Rozaq, makasi udah mampir, pokoknya iya enak banget, simpel buatnya ;)

    3fince said...

    Wah, selamat yah... seneng pasti rasanya dan puas yah.. ;) makasi ya say, dah coba pake resep di sini. Salam

    Unknown said...

    Saya tadi dah baca2 tulisan mba tentang cara bikin pempe..Sngat brmanfaat,senang bs mampir disini,makaceeh y mba

    Horre said...

    aku orang jawa tapi senengnya pempek.. gara - gara pempek depan SMA ku dulu, makasih infonya.. detail banget jadi bisa nyoba dirumah :)

    3fince said...

    Makasi udah mammir yah mas/mbak, semoga pas bikin gak kesulitan :)

    3fince said...

    Horre, makasi udah mampir, dijamin kalo dah bikin sekali jadi terus mo bikin... selamat mencoba yahh ;) update jgn lupaa

    Indra Buana said...

    Saya sudah pernah coba yang asli dari Palembang langsung pakai jasa pengiriman www.pesanpempekpalembang.com rasanya maknyus yang dari VICO.

    teknologi pengelolaan sumberdaya perairan said...

    adonan nya d rebus dulu y mbak ,baru d goreng?

    Anindhamar Putwira said...

    Mbak kalo mau bikin pempek pistel resep isinya apa ya.koq rasanya bisa manis2 dikit dan enak. Thanks ya mb.