Sunday, March 11, 2007

[update] Kue Cubit

Masih inget kue cubit gak? Dulu waktu SD biasanya tukang jualan depan sekolah sewaktu istirahat tiba antrian udah lumayan lama buat dapetin kue ini. Enaknya sih dimasak setengah matang, jadi atasnya masih setengah cair, dan dimakan panas-panas sambil dicubit dikit-dikit hueheuhe... Kadang atasnya ditaburi meisjes coklat.


Bahan:
  • 4 butir telur ayam
  • 100 ml air
  • 20 g cake emulsifier/TBM/VX/Ovalet (bisa dilewat)
  • 185 g gula pasir
  • 350 g tepung terigu
  • 2 g vanili bubuk
  • 3 g baking powder
  • 50 g margarin, lelehkan
Pelengkap :
  • Keju Parut
  • Meisjes Coklat
Cara membuat:
  • Kocok telur, air, gula, cake emulsifier selama 2 menit
  • Masukkan terigu, vanili dan baking powder dalam adonan. Kocok lagi selama 1 menit.
  • Masukkan margarin cair, aduk sampai rata.
  • Panaskan cetakan kue cubit, tuang adonan ke dalam lubang-lubang cetakan.
  • Masak hingga matang atau setengah matang, sajikan dengan keju parut, selai atau meisjes.


Penampakan TBM

TBM cap koepoe-koepoe

25 comments:

aan said...

wwwaaa.... blog yang bagus n resep yang menggoda, mau coba ah... tapi cake emulsifier itu apa ya??

Makasih.....

3fince said...

hi aan, itu lho bisa pake tbm atau vx.. kalo mo dilewat juga bisa.. saya kalo ada tbm atau vx ya dipake kalo gak ada stock ya gak pake..

Anonymous said...

TBM or VX itu singkatannya apa? di setiap supermarket ada?

3fince said...

Hallo TBM ama VX beda, coba aja google, terus ditempat jualan bahan kue biasanya ini ada.. kalo gak ada bisa dilewat.. Ini tuh spy kuenya halus dan lembut gitulah daripada tepung doang hehehehe.. bisa dilewat kalo gak ada...

ami said...

ehm, vanili bubuk bisa d lewat jg gak?

3fince said...

hallo mi, bisa dilewat.. jadi lebih sederhana kayak tukang jualan gitu

Anonymous said...

numpang tanya, telurnya harus elur ayam? nggak bisa telur biasa aja?

kalo pake tepung bera boleh nggak?

terimakasih atas jawabannya :)

3fince said...

Telurnya bebas, kalo ad atelor bebek bagus malah jadi warna kuningnya lebih mantap. Disini gak ada tepung bera, kayaknya bisa deh... itu tepung mirip tepung terigu?? Tukang jualan di sekolah aku dulu sih tepung terigu biasa... :)

Met coba ya, makasi udah mampir..

salam

Artha The Art said...

itu kalo TVM bisa di lewat gaa?
ngaruhnya jadi apaa?

terus kalo ga punya cetakannya, bisa pake teflon gaa?

ummumarwa said...

saya ga punya mixer *kaciaaann, he-he*
kalau dikocok biasa bisa ga?

Anonymous said...

No matter what others say, I think it is still interesting and useful maybe necessary to improve some minor things

3fince said...

Mbak Artha, TVM lewat aja gpp... kadang saya suka lewat. Cuman hasilnya suka gak selembut pake itu...

terus kalo misalnya gak pake cetakan, nanti jadinya kayak pancake hihihi... nanti terlalu ceper gimana?

3fince said...

mas ummumarwa, ada kan kocokan manual, gak pake mixer juga gpp asal kocok terus sampe merata ya sampe butiran tepungnya jadi kayak adonannya kental gitu...

ezoel said...

saya udah coba resepnya, tapi kenapa rasanya sama seperti bolu kukus ya, beda banget sama yang biasanya beli???

3fince said...

Mbak Ezoel; eh kok kayak bolu kukus??? MAsa sih? Apa karena ditutup saat proses matangnya?? Soalnya saya rasanya biasa aja spt kue cubit yg di tukang jualan aja gitu...

ezoel said...

Sampai saat ini, di ktp saya masih pria mbak =D
maksud di tutup waktu masaknya ya? saya memang tutup setelah adonan saya masukkan, bukannya tukangnya juga ditutup ya...
Belum lagi bagian bawahnya selalu gosong/hampir gosong, soalnya saya tungguin bagian atasnya kerng semua, padahal saya sudah kecilkan apinya, terus saya juga cuma kasih mentega sebelum tuang adonannya.

Jewelline said...

Mba thanks loh resepnya...saya berhasil horeeee

Anonymous said...

bagian telur yg d pake itu yg kuning atw putih atau kedua-duanya

3fince said...

Mas Ezoel, eh maaf kirain cewek wekekeke... bener ditukang jualannya ditutup tapi kan buka tutup mulu tuh si tukang jualannya :D

Sama spt saya juga kadang suka gosong bawahnya, setelah coba berkali-kali, skrg saya tau, hrs di no 2 panas kompornya (utk kompor listrik). jgn didiemin hrs kayak mo diangkat tapi nggak (ngecek gosong apa nggak)

semangat coba lagi yah ;) ngatur panasnya yg hrs sabar mencoba...

3fince said...

Jewellina, asik succes... toppingnya macem2 dong yah?? :)

jgn bosen mampir yahhh

3fince said...

Mbak/Mas, bagian telurnya semuanya...

trims udah mampir yah, salam

Ida said...

Hallo,
saya ngak punyak cetakan! Bagaimana kalau pakai Oven dan berapa derjat selsius dan berapa lama di Oven?
salam
Ida

masak-kue said...

mantapnya jadi ingat masa sd dulu haha

3fince said...

Mbak Ida, Kalo gak ada cetakannya gimana?? kecuali punya loyang yg kayak utk cupcake, bisa juga dipake, jadi bisa dimasukin oven, hanya saya nggak tau kalo pake oven berapa suhu panasnya... kapan-kapan saya coba yaaa

3fince said...

Mas/Mbak, iya nih kue jajanan zaman SD, sambil panas-panas kita colek yaa :)