Friday, November 13, 2009

Balado Terong

Terong memiliki zat tertentu yang dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka akan hilang semua khasiatnya. Selain itu, terong dapat menghambat atau membatasi asupan kolesterol dalam saluran cerna, bahkan mampu mengangkat kolesterol yang terdapat dalam aliran darah.

Terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis. (dikutip dari : http://bluedicko.wordpress.com)
Setelah baca-baca khasiat Terong (eggplant) seperti yang saya copast di atas, pas saya lagi mengunjungin bibi saya di Utrech saya sempat mampir ke pasar sayuran dan membeli buah terong yang sedang promosi. Mayanlah murah dan sudah lama gak masak sayur ini. Saya masak dengan cara direbus terongnya sambil memasukan bumbunya. Saya masak sampai kering. Lumayanlah rasanya juga tetep terong hehehe... hanya ya memang tidak selezat terong goreng. Tapi demi kesehatan, gpp kan terongnya direbus. Karena manfaatnya segudang dari buah terong ini.

resepnya bisa dilihat di : Balado Terong yang pernah saya buat sebelumnya. Oh iya di sini saya tambahkan sereh, yang bentuknya daun hijau itu, seperti daun kemangi, ini namanya Melisse de Citroen, dia ini wangi dan khasiatnya sama banget dengan sereh (citroen grass), jadi buat temens yang sulit dapatin sereh, bisa diganti pakai ini. Biasanya dijual di dekat tanaman bumbu seperti basillium, piterseli. Mau gak mau masaknya emang harus banyak karena tidak setebal sereh batangan.