Monday, September 05, 2011

Tempe Bakar Pedas

Lagi banyak tempe, sambel goreng tempe kering udah, sambel tempe teri udah, dibacem udah, digoreng udah, diopor udah, direndang udah, sampe bingung mo diapain, akhirnya dibakar aja deh barengan dengan barbeque lainnya. Enak deh makannya serasa di lembur kuring... 

Bumbu Marinade (diblender) :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 4 cabe merah
  • 1 batang serah

Pelengkap :
  • 800 gr tempe
  • 3-4 batang daun bawang
  • 1 bks royco kecil (1/2 blok maggi)
  • 3 sdm minyak sayur
  • 2 sdm kecap manis (secukupnya sesuai selera)
  • 1 sdt mentega
Cara Mengolahnya :
  • Iris tempe tipis sebesar dadu (sesuai selera), lalu masukan ke dalam bumbu halus dan daun bawang, tambahkan minyak sayur dan kecap, aduk rata, lalu diamkan setengah jam agar bumbu meresap ke dalam tempe.
  • Panaskan grill, alaskan alumunium foil di atas grilnya, oleskan mentega di atas lembaran alumunium itu, letakan tempe yang sudah tercampur bumbu itu, grill hingga matang dan wangi.. Jika memiliki panggangan sate, tempenya dibungkus daun pisang seperti membakar otak-otak. 
  • Sajikan selagi hangat.

7 comments:

lusiana said...

Mba, mau nanya ragi tempe itu yg kyk gmn ya?? aku tinggal d Amerika, gak tau mau cri tempe dmn, pas liat d blog mba, ada cara buat tempe sendiri, jd pengen nyoba, kangen bgt mo mkn tempe..
makasih ya mba, Gbu ^_^

3fince said...

Hallo Mbak Lusiana,
Maaf baru bales, ragi tempe tuh bentuknya kayak tepung terigu gitu, hanya agak kasar dikit. Aku ada temen di Ohio, dia rajin bikin tempe, boleh nti aku tanyain ke dia ya, kalo di amerika cari ragi tempenya dimana... tinggalin emailnya ya Mbak Lusi.. ;)

Makasi udah mampir lhooo

cream anisa said...

tempe kalau dibakar apa tidak hancur?

salam,

anisa herbal

3fince said...

Hallo mbak Anissa,
Tempenya ditaro di atas grill, terus grillnya di atasnya lapisin sama alumunium. Tadinya pengen pake daun pisang (seperti ngebakar otak-otak) hanya waktu itu saya gak punya daun pisang, jadi pake alumunium foil.. ;)

makasi udah mampir ya mbak...

Andri Wahyu Sulistyo said...

mau tanya,
itu tempenya digoreng dulu ya sblm di bakar??

[salam kenal ya,
kl ada waktu bolehlah berkunjung ke blog saya
http://www.mautau.net/ ]

3fince said...

Mbak Andri, tempenya langsung bakar di atas panggangan sate (pas arangnya surah jadi bara yah.. atau pakai grill listrik bisa, tempenya dibungkus dengan alumunium foil/daun pisng dipanggang... tapi dah bumbuin dulu yah...

salam kenal lagi yaa, terima kasih udah mampir...

Chiby Loupatty said...

terima kasih infonya situs resep masakan