Saturday, February 24, 2007

Waktu Penyimpanan Makanan dalam Kulkas

Rata-rata, makanan hanya bisa tahan 1-2 hari, kecuali :
Berikut tips untuk mengkemas makanan/masakan :
  1. Daging bisa tahan lama di kulkas bila di bungkus dengan plastik yg tidak ketat/ kertas minyak tahan cairan / kertas kedap lainnya..
  2. Bila menyimpan ayam utuh, pisahkan dahulu isi perut dan bungkus secara terpisah. Jangan membekukan ayam yg ada hati dan ampelanya, pisahkan dan bungkus masing2 / bagian, karena bisa mengeras di dalamnya.
  3. Simpan sisa makanan matang sesegera mungkin di kulkas untuk membekukan, lakukan segera. Kalau ada bagian yg diisi/dimasukkan ke dalam ayam (stuffed chicken), keluarkan dulu isinya lalu bungkus terpisah.
  4. Simpan telur di kemasan kartonnya. Kalau dari plastic keluarkan saja. Untuk dibekukan, keluarkan dari kulit. Tambahkan 2 sendok gula atau 1 sendok garam, kocok. Simpan di wadah plastik (Tupperware). Jangan isi terlalu penuh.
Untuk masakan, saya biasanya suka langsung masak sekaligus banyak, lalu saya bagi menjadi beberapa porsi dalam kemasan plastik sekali makan. Selain hemat, gas, listrik dan air, juga menghemat tenaga. Masakan yang sudah masak langsung masuk freezer. Kalo kita mo makan tinggal ambil porsinya dan tinggal kita panaskan. Apalagi saya disini susah bener mendapatkan bahan-bahan untuk masakan Indonesia, jadi kalo ada penawaran murah biasanya suka saya borong, saya langsung masak dan dibuat stock. Kalo sayuran yang suka saya stock biasanya labu siam, sawi putih, sawi hijau, pakshoi. Tempe dan tahu juga saya stock, karena ini termasuk langka.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Soas spageti, pas ada penawaran daging sapi cincang murah, saya beli 2 kg dan saya buat saos spageti komplit pake jamur, wortel, jagung dan keju isinya.


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Masakan Indonesia yang jadi stock di freezer

Image Hosted by ImageShack.us
Sambel Goreng Tempe Kentang Teri, saya beli tempe 4 blok lho ini aja pesan nunggunya 2 minggu. Hasilnya 6 kotak plastik seperti difoto. 1 kotak plastik itu bisa untuk 3x makan. Kalo kita gak pinter ya boros macam-macam ;)

1 comment:

greenpowerindonesia said...

han resep baru agar-agar kertas kunjungi : http://greenpowerindonesia.blogspot.com