Thursday, May 10, 2007

Gepuk Daging

Minggu lalu saya bikin gepuk. Kangen gepuk Nyonya Yong. Dulu di Bandung, Nyonya Yong ini buka di deket Jl. Bahureksa. Manis-manis gimana gitu rasanya...

Gepuk Nyonya Yong by Benny Chandra

Bahan:
  • 500 gr daging sapi, direbus sampe lembek, lalu potong 5 cm x 5cm tebalnya 1 cm lalu dimemarkan, tapi jangan sampe hancur
  • 400 ml santan kental kemasan kaleng
Bumbu :
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lbr daun salam
  • 3 cm laos dimemarkan
  • 5 gr asem jawa
  • 30 gr gula merah
  • 2 sdm ketumbar
  • garam secukupnya

Cara membuatnya:
  • Semua bumbu dihaluskan, terus campur dengan air santan dan air kaldu, lalu masak. 
  • Tambahkan garam, salam, dan laos. lalu masukan daging, sampe meresap dan airnya habis dan bumbunya menyerap ke dalam daging, lalu angkat dan tiriskan.
  • Kalau sudah dingin, goreng daging sampe berubah warna kecoklatan.
  • Hidangkan, bisa ditaburi bawang goreng

8 comments:

Anonymous said...

mantap .saya coba deh ..makasih untuk resep nya...

"Julia"

Anonymous said...

saya suka blog nya, Yola asli bandung?? saya lahir dan besar di bandung, dan tinggal di jln trunojoyo dkt bahureksa si gepuk ny yong.... saya tinggal di prancis...ngobrol dong
yanti

3fince said...

Hi Julia, makasi dah mampir yah...

Anonymous said...

hai mbak..ikut kenalan, saya setahun ini buat gepuk ala jawa rasanya gurih asin gak manis...dan lumayan temen2 saya suka, sekarang kecil2an saya kemas pake judul Gepuk Organic Bandung...bahan2 100% alami gak ada additive sama sekali...emang masakan klo kita suka buatnya..pasti enak..mau coba gepuk organik saya? siap kirim ke manapun. Kita udah kirim ke hongkong dan australia he he yg beli temen2 yg kuliah disana...thanks blognya mbak...saya suka...FB saya septiana ayu estri

3fince said...

Mbak Septi, makasi udah mampir, succes dengan bisnisnya ya... wah kalo enak boleh tuh nanti saya tanya teman-teman disini ya... thx buat ID FB-nya nanti saya add.. salam

3fince said...

Mbak Danish, semoga bisnisnya lancar yaaa

Achmad Zakiri said...

kalo gula merah diganti kecap dan gula biasa bisa gak ya? dan apabila gak dapet laos apa mungkin diganti yg lain. Trims buat resepnya

3fince said...

Mas Achmad, bisa mas.. awas jgn kemanisan ya mas, kecapnya dikit aja kayaknya, nti gepuknya jadi rasa kecap.. ;:)

makasi udah mampir ya mas , salam