Wednesday, May 16, 2007

Opera Cake

Dua hari yang lalu, teman saya disini ngajakin saya bikin cake opera. Saya sama sekali gak pernah baking dan gak tertarik untuk bikin segala jenis cake, karena saya gak punya oven besar. Karena buatnya di rumah dia, saya liat cara dia membuat cake-nya. Dia juga dapet resepnya dari Internet :



Bahan:
  • 500 ml telur ayam
  • 250 g gula pasir
  • 200 ml putih telur ayam
  • 20 g gula pasir

Campur jadi satu:
  • 60 g tepung terigu
  • 250 ml almond bubuk

Butter Cream:
  • 500 g gula pasir
  • 60 g glucose
  • 250 g putih telur ayam
  • 1 kg mentega

Cara membuat:
  • Kocok telur dan gula hingga warnanya pucat dan mengembang.
  • Tambahkan campuran tepung terigu, aduk hingga rata.
  • Kocok putih telur dan gula hingga kaku dan mengembang.
  • Masukkan ke dalam adonan telur. Aduk dengan tangan hingga rata dan menyatu. Lalu bagi adonan menjadi 5 bagian.
  • Tuang masing-masing ke dalam loyang 22 cm yang dialasi kertas roti.
  • Panggang dalam oven panas 230 C selama 5 menit
Resep from Dorothy Gistel City