Saturday, January 19, 2008

Mendoan ala Kedung Banteng

Zaman libur SMA dulu sempet diajak sobat tercinta ke Purwokerto. Sebenernya, mendoan ini emang makanan dari Purwokerto. Tempe setengah mateng yang dimasak pake tepung beras. Dan dimasak hanya sebentar. Di Kedung Banteng itulah saya baru tau caranya, karena ikut memasak. Kemaren saya coba karena ngiler liat delkery temen saya bikin tempe mendoan. Resepnya jadi variasi dari resep delkery dan yang saya ingat sewaktu di Kedung Banteng dulu.

Bahan :
  • 1 blok tempe, iris persegi
  • 5 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt bawang merah bubuk (kebetulan lagi punya)
  • 1 batang daun bawang iris-iris (saya tidak pakai)
  • 1 gelas air
  • Garam dan penyedap secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya :
  • Rendam tempe di dalam air garam dan bawang putih selama 30 min
  • Masukan semua bahan ke dalam wadah plastik, lalu aduk jangan sampai terlalu encer atau terlalu kental. Cicipi jika kurang garam tambahkan.
  • Panaskan minyak dalam wajan, masukan satu per satu tempe yang sudah direndam air garam dan bawang putih itu ke dalam adonan sampe tempe tertutup adonan, lalu masukan ke dalam wajan.
  • Goreng tempe jangan sampai terlalu kering, setelah tepung berubah agak coklat tempe diangkat lalu tiriskan, begitu seterusnya.
  • Sajikan selagi hangat.