Saturday, October 25, 2008

Banku, Sambal Ikan Asin dan Ikan Goreng

Hari ini diundang Kate, tetangga depan rumah untuk masak bersama dengannya. Masakan paling top di negaranya, Ghana - Afrika yaitu Banku with Pepper Sauce Fish. Jelas bawa kamera supaya gak lupa step by stepnya. Aneh tapi enak hihihi... akhirnya selesai dan makan bareng dengan anak-anaknya.

Menunya yang dimasak adalah Banku (bentuknya jadi seperti lontong halus banget), sambal ikan asin dan ikan nila/tilapia goreng.


Dalam panci dia masukan masing-masing 250 gr tepung jagung dan tepung singkong (casava) yang udah difermentasi. Di toko afrika bisa dijual udah jadi, tinggal mengolah.


Adonan tadi dicampur dengan air hingga kental, jgn terlalu encer dan jangan terlalu menggumpal aduk rata, lalu masak di atas api sedang. Aduk terus sampai agak mengeras.


Setelah mengeras, angkat dan tiriskan. Sebelom ditiriskan, bentuk di dalam plastik menjadi bulatan seperti gambar paling akhir.


Sambil memasak adonan di atas, dalam panci kecil rebus ikan asin dengan 2 gelas air (kebetulan dia ikan asinnya kayak gini), lebih bagus ikan asin jambal roti, supaya gak banyak tulangnya hahaha... Ikan asin ini direbus sekitar 20 menit. Setelah lembek, ikan asinnya pisahkan dan sisa air rebusannya diblender bareng bersama 4 buah tomat dan 2 buah bawang bombay.


Sambil menunggu, ulek 2 buah cabe yang banyak ditanam di Afrika yaitu Habanero sampai halus.



Setelah cabenya halus masukan blenderan tomat dan bawang bombay dan ikan asin itu, aduk merata. Tumbuk kasar untuk ikan asinnya.



Penampilan Sambal Ikan Asinnya. Setelah merata, siap sajikan. Tapi karena saya gak bisa makan bawang mentah, jadinya sambalnya digoreng huueheue... Biasa disebut "Pepper Sauce With Fish"


Goreng ikan nila yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu (garam dan merica) hingga garing.


Sajikan Ikan Nila goreng bersama sambal ikan asin, dan disantap bersama banku yang sudah dikemas dalam plastik.


--------------------------------------------
**Banku/Akple: Fermented corn/cassava dough mixed proportionally and cooked in hot water into a smooth whitish consistent paste. Served with soup, stew or a pepper sauce with fish.


Habanero

Foto taken from www.growing-peppers.com