Wednesday, November 26, 2008

Sambal Seafood Shito

Beberapa hari lalu, saya ditelepon supaya datang ke rumah Kate lagi, dia mau menunjukkan kepada saya cara membuat sambal ala orang-orang Ghana yang terkenal disebut Shito. Lama buatnya soalnya harus ngulek ikan teri, udangnya sama numis bawang dan tomatnya sampai kering kecoklatan. Soal rasanya, jangan ditanya, sambel terasi kalah hahaha...

Berikut cara buatnya, saya foto step by step :

Bawang bombay 3 buah diblender sampai halus, pisahkan, lalu blender pula 2 buah tomat juga sampai halus. Lalu Tumis dalam panci (kalo dalam wajan minyaknya nyiprat-nyiprat bikin dapur kotor). Sekali-sekali diaduk supaya tidak gosong bawahnya, kecuali panci teflon aman dari gosong.

sementara menumis, siapkan 50 gr ikan teri nasi, lalu tumbuk sampai halus. Kalo gak ada ikan teri nasi bisa pake teri laennya, pokoknya ditumbuk halus.

200 gr udang digoreng garing, lalu buang kulitnya dan kepalanya, tumbuk juga sampai halus. Bisa pakai ebi tapi lebih enak udang segar yang digoreng dulu. Jadi lebih banyak seafoodnya daripada bawang dan tomatnya. Sehatt...




Jika bawang bombay dan tomatnya udah mulai berubah warna kecoklatan, aduk terus lalu masukan tumbukan ikan teri dan udang tadi. Tambahkan 2 blok boullion rasa udang (maggi shrimp atau maggi rasa sayuran kalo gak ada rasa udang). Lalu tambahkan 3-4 sdm Cayenne Pepper bubuk. Kalo suka pedas bisa 5 sdm. Aduk rata lalu angkat dan dinginkan. Jika ada botol kosong bekas selai, bisa dimasukan ke botol itu lalu masukan ke dalam kulkas. Bisa dipakai untuk bumbu nasi goreng juga, terserah selera.