Saturday, February 24, 2007

Es Pisang Ijo Makassar

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Bahan-Bahan :
  • 400 gr tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 100 ml air daun suji
  • 3 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
  • 5 buah pisang raja yang tua

Bahan Saus:
  • 650 ml santan
  • 50 gr tepung terigu
  • 75 gr gula pasir
  • 1 lbr daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
Pelengkap :
  • es serut
  • sirup merah (cocopandan)

Cara Mengolah :
  • Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
  • Setelah adonan dingin, olah sampai kalis, jika belom kalis, tambahkan tepung beras sedikit-sedikit sampai tidak lengket di tangan. Tipiskan adonan dengan roll kayu, lalu balutkan pada pisang hingga tertutup adonan.
  • Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  • Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
  • Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.
resep posted by mama - wg

Untuk menipiskan Adonannya seperti ini, pakai kayu roll pastry :

Gambar Ambil dari The Guardian

Mbak Ina, makasih koreksinya utk point dua.
Update :


Hasil terbaru membuat pisang ijo dengan resep yang sama, saya gak pake sirop khusus dari makasar, karena di tempat saya tinggal gak ada. Makasi banyak buat InarDedie buat infonya, bermanfaat sekali buat yang lain.. salam kenal..
Get the Slim Habit

60 comments:

Novi CS said...

Pisang hijau salah satu makanan favorit saya tetapi sayangnya kalau di semarang pisang hijaunya cenderung pakai kulit dadar

Luthfi said...

Koq balutan pisang yg sy bwt koq ga mengkilap, pdhl dah sesuai resep..Apa ga kebnykan ya airx ?

Adithia said...

Mau saya coba resep ini bu... makasih ya

3fince said...

Mbak novi, makasih udah mo mampir yah.. btw pakai kulit dadar rasanya seperti apa mbak?

3fince said...

Mbak Luthfi, mungkin tepung berasnya terlalu banyak?? kalo kebanyak air terlalu lembek ke balutan si pisangnya.. nanti saya coba lagi buat ya, kayaknya hasil yg saya coba waktu itu balutannya juga tidak terlalu mengkilat.. salam...

3fince said...

Mbak Adithia, makasi udah mampir ya, kalo udah buat update ya, kasih saya linknya.. salammm

J@w@ria-Binongko said...

makasih ya resepnya. mau cobalah..

Anonymous said...

Mohon ijin copy paste untuk saya simpan sebagai koleksi pribadi dikomputer saya. Terima kasih sebelumnya.

mommyummy said...

izin copas buat di blog saya yaa sis

3fince said...

sebastian makasi buat promosinya yaaa, salam

3fince said...

mas/mbak, iya boleh dengan senang hati...

3fince said...

mommyummy, iya boleh sis... kalo dah coba update yaaaa

inik said...

betul apa yg dikatakan comment di atas... pernah makan es pisang ijo tapi bungkusnya dadar... thanks atas resepnya yaa... mudah2an bisa berhasil bikinnya....

ina INA said...

mba..tepung beras di poin pertama ama poin kedua tuh gimana? yang 40 gr di bagi 2? ato gimana??

Hardhian said...

Daun suji apa ya Bu ?
Mohon penjelasannya

Salam,
Hardhian

Nabila Kemala Putri said...

wah, boleh enggak saya minta dikiiit aja infonya buat blog saya! kalo mau liat, silakan di http://colorfulindonesia.tumblr.com

Anonymous said...

mmmmhhh muantappp....
tapi, saya udah nyoba berkali kali, tapi kok kulitnya ga bisa kalis, ya? jadi saya pake mentega. tapi setelah dingin jadi mengeras. gimana ya?

3fince said...

Mbak inik, iya kalo gak salah yg dadar tuh jajanan pisang ijo di bandung ya? jadi kayak dadar gulung gitu hanya isi pisang. yang asli masakarnya kayak gini.. jadi kayak nagasari tapi pisangnya utuh gitu... btw makasi ya udah mampir mbak...

3fince said...

mbak nabila, boleh dengan senang hati, terima kasih ya ;)

3fince said...

Hardhian, daun suji itu yang membuat warna hijau, alami, bukan pakai pewarna kimia. Mirip daun pandan... Saya cari di google, ini info soal daun suji, bisa dicek disana : http://myhobbyblogs.com/food/2008/01/04/membuat-pewarna-makanan-alami/

3fince said...

mas/mbak... jgn pakai mentega.. kalo dingin mentega kan jadi beku, terus rasanya gimana nanti kalo pake mentega??? pas masih lengket, waktu nambah tepung berasnya langsung banyak atau sedikit2???

3fince said...

Mbak INA, maaf ya kalimatnya ribet, udah saya edit ulang. terima kasih buat koreksinya

pena said...

mbak makasih resep na.........
ntar mau buat buat buka puasa :-)

enak banget ya anak mbak, hem jadi ngiri bisa mam enak tiap hari hehehe......

amen said...

udah coba tapi gak berhasil euy...

ety said...

mba,aq udah coba,kok keras ya, trus waktu dikukus balutan tepungya pecah,apa adonannya terlalu keras ya,trus utk nipisan adonannya gimana ya

Anonymous said...

wah mau saya coba ah. Thanks a lot mbak resepnya. Btw kalo disimpan di freezer kuat brapa lama ya?

3fince said...

Mas/Mbak Pena, makasi udah mampir yah

3fince said...

Mbak/Mas Amen, gak berhasilnya gimana? hancur atau gimana? thanks ya kalo mo update...

3fince said...

Mbak Ety, hhmm mungkin terlalu keras, atau mungkin waktu sebelom kalis, tepungnya terlalu banyak ditambah, nipis-innya pake ini kayak roll kayu gitu, saya udah masukin gambar roll kayunya untuk menipiskan adonannya, semoag bemanfaat...

Selvi said...

Mbak aku sudah nyoba resepnya,
Tapi kok hancur ya..
Adonannya ga bisa kalis sampai di roll gitu..
Saya udah nyoba 2x, sesuai resep dan aduk terus tapi ga kalis2..
Lengket sekali di tangan T___T

3fince said...

Mbak Selvi, tuh saya coba lagi akhirnya, hasilnya bagus seperti pertama saya buat :
Es Pisang Ijo tanpa es serut

gini aduk tepung berasnya dengan air suji dulu yg 100 ml, nanti masukin airnya dikit2 kalo udah kalis, jgn masukin sisa airnya. soalnya kalo gak kalis pasti lengket ditangan terus ancur pas dikukus. pas ngebalut si pisangnya, pake plastik tangannya ya spy ngebentuknya bagus..

mely said...

Sy sih perna nyoba bikin pisang ijo tp kurang mengkilap adunannya pas waktu ngebungkus pisangnye,tp hasilnya enak lo,lain waktu gue bakal cobain lg deh resepnya yg ini,bisa kuambil resepnya mbak? Sy jg dulu pernah mkn pisang ijo yg kulitnya pake' dadar,nggak enak akh,lebih enak pisang ijo makassar.

3fince said...

Mel, boleh ambil aja resepnya :) nti kalo udah bikin update ya... soal mengkilat apa nggak gak masalah yg penting enak...

bener yg pake dadar gulung gak enak, jadi kayak pancake pisang gitu.,, thx dah mampir ya Mel.. succes xx

InarDedie said...

kurang mentega tu kykx,makax gk kilap,klo dah kalis br dks 1sendok mentega..trus syirupx ada khusus cm d makassar pabrikx hehe DHT PISANG AMBON namax,pake itu br rasa asli pisang ijo makassar..maaf yach nyelonong soalx aq org mks asli n bs bwt es pisang ijo...tq

atiya said...

mau coba juga aaahh ... masa sy balik kampung ada cuba es pisang hijau, ... tp disini ga ada :( ..try buat sendiri ..wish me luck..hihi

3fince said...

mbak InarDedie, thx buat infonya, bermanfaat banget

3fince said...

mbak Atiya, succes ya... update kalo succes ;)

Anonymous said...

mbak saya udah bikin kok adonan pisangnya setelah direbus maupun dikukus kok jadi keras banget yah..kasi solusi dong mbak...

-rani-

Bali Griya said...

Saya gk ngerti yg dimaksud kalis disini. Klo adonan roti kalis itu sdh elastis. Jadi klo ditarik sampai tipispun gk putus .
Apa gk dibuat adonan spt klepon ya... Dari tp beras aja, pisangnya dibungkus dg tepung, trs direbus

"Livia" said...

yummy..saya pernah coba, salah pake tepung..hasilnya keras deh..kali ini mau coba resep ini deh..thanks nice blog

Niar said...

udah nyoba dirumah,
saus'a siih berhasil tp koq adonan kulitnya hancur ya pas ssat selesai di kukus??
odhl adonan yg di bentuk udh smpe kalis??
sist tips'a dunk biar adonan'a ga hancur gmn??
trims,

Anonymous said...

hi..salam kenal

mbak mau tanya n sharing aja...saya pernah buat pisang ijo dengan resep mbak, pas di kukus pecah n pas di simpan di kulkas utk di bawa ke esokkan harinya kok jadi keras begitu ya?

lalu saya pernah tanya dengan teman ibu saya yg org mks,ktnya pake tepung terigu aja,air hangat/santan hangat,gula dikit,garam dikit di aduk sampai kalis lalu stelah kalis tambahkan mentega sedikit aja lalu kukus dan hasilnya ternyata tidak hancur n tdk keras.

klo pake tepung terigu itu menyalahkan aturan dasar pembuatan pisang ijo ala makassar ga sih..
makasih ya

Anonymous said...

hnya sdkit info ;; jadi pisang ijo ada 2 cara pembuatan.. Yg pertama di bungkus seperti resep d atas. Yg k 2 d buat seperti dadar.. Rasa sich g jauh beda.. Mungkin untuk lebih kreatifitas dan lebih menyingkat waktu pembuatan mangknya d daadar. Trim's

3fince said...

Mbak Rani, keras sekali hasilnya?? hhhmmm napa yah.. apa krn pengen kalis jadi ditambah tepung lagi yah? (mungkin lho)

3fince said...

bali Griya, iya bener kalis itu adonannya sudah gak menempel ditangan krn udah menyatu semuanya. ya spt bahan roti itu bener..
Ya emang seperti klepon hanya beda bahannya kan, kalo misalnya direbus bagus kenapa nggak?? Tapi saya belom pernah coba direbus, apa gak akan hancur nantinya kalo direbus?

3fince said...

Hallo mbak, ya gitulah mbak perjuangan membuat pisang ijo memakai tepung beras, pasti masalahnya itu. Saya nggak tau kalo pakai tepung terigu menyalahi aturannya tapi pisang ijo itu dari dulunya (kata org makasar) memangnya pakai tepung beras... kalo misalnya mbak succes pakai terigu dan enak kenapa nggak?? yang penting kan berhasil bikin jajanan pasar khas makasar utk kita sendiri. Menurut saya, kalo pakai tepung beras kalo sudah dingin apalagi masuk kulkas memang suka keras.
Mbak, makasi utk share resepnya, nanti saya buat spt itu pake tepung terigu aja,air hangat/santan hangat,gula dikit,garam dikit di aduk sampai kalis lalu stelah kalis tambahkan mentega sedikit aja lalu kukus dan hasilnya ternyata tidak hancur n tdk keras.
salam kenal yahh

3fince said...

Mbak/mas, pendapat anda bener, hanya tinggal selera, kalo ada yg suka memakai tepung beras ya gpp, mugkin ada yg suka pisangnya dililit memakai pancake (dadar gulung). Selain itu faktor kemudahannya memakai dadar gulung lebih praktis, dibanding yg memakai tepung beras, lebih sulit dan kadang gagal juga...

JelajahMan said...

air suji itu apa bro.....ijin sharp ya ke blogku

nh'ima said...

Slm kenal bwt semuax aja yg udh prnh praktek membuat pisang ijo,nie q br mau nyobain resepx!gmn ya kok q mlh ragu utk buatx tpq jg penasaran pngn coba bwt.

Rachyta said...

aaa!! tq banyak resepnyah!! >x<
di blog laen ad yg nulis 40gr.. smpe bingung baca berkali2.. >x< bahannya jd enecccceeeeerrrr gitu.. =="
tp.. d sini d tulis 400gr.. T^T
ternyata bener segitu~~ XD
numpang ijin copas yah~~ TQ!!

lg proses d kukus.. >x< gr2 g ad pisang raja d ganti pisang lain.. >x<

Belajar Bisnis Forex said...

Pisang ijo emang gak ada duanya, apalagi kalau sedang bulan puasa gini. mantap kalau buka dengan pisang ijo atau palu butung

B4ThoS4i said...

Pisang ijo emang enak banget.
Tapi paling mantab harus pake sirup yang dari makassar, kl ibu saya biasanya pake sirup pisang ambon.
Kalo pake sirup cocopandan or sejenisnya rasanya jadi beda.
Itu sh menurut saya :)

3fince said...

JelajahMan, air suji itu air dari daun suji, penghasil warna hijau utk masakan, kalo gak nemu bisa pake pewarna masakan hijau, namanya pasta pandan merk kupu-kupu.. ;)

3fince said...

nh'ima, daripada penasaran, buat yuk mbak.. mayan enak kalo gagal misalnya si pisang ijonya, es dan siropnya banyakin jadi gak kecewa kalo gagal ;)

3fince said...

Rachyta, makasi ya say dah mampir... gimana hasil akhirnya?? succes???

hakim said...

salam kenal. di sby aq py usaha es pisang ijo dah mulai 2 th yg lalu n saat ini q dah py 6 outlet. kyknya banyak yg bingung soal bikin kulit pisang yak... kl untuk usaha, kulit yg model dikukus bahannya tepung terigu dicampur tepung sagu bukan tepung beras trus bahan yg lain sama seperti resep diatas. tp kl utk jualan di SBY konsumen lebih sreg pake kulit dadar so..sy pun pake kulit dadar...bahannya tepung terigu, susu, daun suji/essence pandan, garam...n kl ada yg kesulitan ato yang mo coba buka usaha ini dengan senang hati sy akan membantu..kontak saya 'hakim' di 087853442450...makasih.

dea said...

pisang ijo emang enak banget...

jasa pembuatan website said...

Maknyusss

Hafizah said...

Pisang ijo favorit saya ni, blh dicoba ya mba resepnya..

heriariyadi said...

Es Pisang ijo Paling enak se Jakarta ada di Condet cuma 5ribu perak
http://www.facebook.com/pages/Coto-Ayam-Ibu-Sri/261941683926610
www.cotoayamibusri.wordpress.com